Lestarikan Gotong Royong

Lestarikan Gotong Royong

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Bupati Kaur Gusril Pausi SSos mengajak segenap komponen masyarakat Kaur khususnya di Kecamatan Lukang Kule, untuk kembali membudayakan gotong royong di lingkungan masing-masing, termasuk dalam hal menjaga kebersihan. Ajakan ini disampaikan bupati saat memimpin apel bersama dengan ASN Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu) dan Lukang Kule di Kantor Camat Lukang Kule dan dilanjutkan gotong royong bersama masyarakat, Kamis (18/10).

“Saya ingatkan kepada masyarakat Kaur khususnya di Kecamatan Lukang Kule ini agar kembali membudayakan gotong royong, karena budaya gotong royong ini sudah mulai ditinggalkan masyarakat,” kata bupati dalam sambutannya, kemarin (18/10).

Dikatakan bupati, gotong-royong merupakan sesuatu yang dapat membuat semua menjadi lebih besar dan bermakna. Sebab menurut bupati, budaya gotong royong harus dihidupkan kembali karena budaya gotong royong adalah warisan dari para pendahulu dan tetap dijaga dengan baik. Karena saat ini semangat gotong-royong hampir terlupakan disebabkan dewasa ini banyak orang lebih mengedepankan sifat induvidualistis. Padahal gotong-royong merupakan cara efektif dan efisien dalam menuntaskan beragam masalah.

“Gotong royong ini perlu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan kita masing-masing dan jangan sampai terlupakan, sebab dengan gotong royong lingkungan kita menjadi bersih dan sehat. Juga tentu dengan gotong royong kerja jadi cepat,” tandasnya.

Ditambahkan bupati, selain mengajak untuk melestarikan budaya gotong royong ia juga mengajak masyarakat Kaur untuk tetap menjaga kekompakan jelang Pilpres dan Pileg 2019 ini. Sebab kekompakan kata bupati sangat penting karena bisa membangun kondusifitas daerah.

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi, maka dari itu saya minta kepada masyarakat Kaur khususnya di Kecamatan Lukang Kule ini agar tetap menjaga kekompakan dan jangan sampai terpeca belah,” harap bupati.

Sementara itu, Camat Lukang Kule, Arjan SSi dalam sambutannya juga menyampaikan, kegiatan apel bersama dan dilanjutkan gotong royong bersama ini melibatkan staf/pegawai camat Lukang Kule dan Pagulu, TNI, dan juga masyarakat bersama melakukan pembersihan sepanjang jalan Kecamatan Lukang Kule. Menurut Camat kegiatan ini salah satu untuk mengajak masyarakat agar kembali membudayakan kegiatan gotong royong di wilayahnya masing-masing.

“Kegiatan seperti ini akan rutin kita lakukan agar tidak terputus. Kita harapkan dengan kegiatan rutin ini nanti akan mampu meningkatkan budaya gotong royong ditengah masyarakat Lukang Kule khususnya,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: